Info Terkini
29 Desember 2018
Info Terkini
31 Desember 2018

Info Terkini

Reposted from @salman.habibullah – Judul buku : Scouting for Boys
Penulis : Lord Robert Baden Powelll
Penerbit : Renebook
Cetakan : September 2018
Tebal : 405 halaman
ISBN : 978–602- 1201-42-8
Harga : 78 ribu
Kategori : Umum

@penerbitrenebook
Buku ini menjelaskan bagaimana proses pembentukan pramuka pertama kali. Proses tersebut sangat menarik karena Lord Robert Baden Powell, pendiri pramuka sekaligus penulis buku ini, menyuguhkan segala asal-usul anasir dalam pramuka.
Misalnya, warna pakaian pramuka yang kecoklatan mencontoh baju militer Afrika Selatan. Warna tersebut mirip tanah yang mendasari kehidupan. Wajar jika Baden Powell – yang pernah menjadi tentara dan ditugaskan di Afrika Selatan – menyukai warna tersebut.

Tongkat pramuka terinspirasi para pengelana yang biasa membawa tongkat untuk melintasi sahara, hutan dan gunung untuk membantu dalam perjalanan. Ia juga sebagai ganti senjata yang biasa digunakan tentara untuk melindungi diri. Dalam buku ini, Baden Powell mengisahkan apa saja fungsi tongkat dan kisah-kisah kegunaan tongkat untuk menyelamatkan diri.

Baden Powell merumuskan pramuka pada suasana Perang Dunia yang difokuskan pada remaja yang masih belum layak masuk ke medan militer. Itulah alasan Baden Powell mengajarkan prinsip dasar militer yang dimodifikasi dalam bentuk sumpah setia Dasa Darma dan Trisatya guna membangun jiwa ksatria.
Kegiatan militeristik disederhanakan dalam bentuk kegiatan kemah di alam terbuka, penguasaan sandi morse, pemahaman tentang jejak kaki, isyarat emergensi, panjat bukit, menyebrangi sungai, dan pemanfaatan daun dan buah yang bisa dimakan di hutan agar bisa mandiri di alam liar.
Baden Powell selalu menyisipkan kisah-kisah faktual yang menjadi inspirasi bangunan pramuka yang dia ciptakan. Dia menjelaskan kompetensi yang dimiliki tokoh dalam kisah tersebut lalu menyuguhkan argumen perlunya pandu memiliki kompetensi serupa. Rangkuman kisah faktual tersebut menjadikan buku ini asyik dibaca sebab serasa membaca novel petualangan.

#ResensiScoutingForBoys #Renebook #GerakanPramuka #BadenPowell
via IFTTT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *